Bupati Rohul ikuti Harganas pentingnya keluarga dalam tatanan kehidupan sosial


Nusaperdana.com, Rokan Hulu - Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke XXVIII Tahun 2021, yang dibuka langsung oleh Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin, di ikuti langsung Bupati dan wakil Bupati secara virtual di Pendopo Rumdis Bupati Rohul, Selasa (29/8/2021).

Selain dihadiri Bupati H. Sukiman dan Wabup H. Indra Gunawan, turut juga dihadiri Kapolres Rohul AKBP Taufiq Lukman Nurhidayat SIK MH, Kajari Rohul diwakili Kasi Intel Ari Supandi SH MH, Kadis PPKB Rohul Drs Sariaman M.Si,

Ketua TP PKK Rohul Hj Peni Herawati Sukiman, Ketua GOW Rohul Hj Sri Yulita Indra Gunawan, Ketua DWP Rohul Hj Neti Herawati Haris, Pengurus PKK dan GOW Rohul.

Dalam sambutannya saat membuka Peringatan Hari Keluarga Nasional ke XXVIII tahun 2021, Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin mengaku tema yang diusung tersebut yaitu keluarga keren. Tema ini sangat tepat mengingat pemerintah sedang melakukan upaya dalam mengurangi prevalensi stunting.

Menurutnya, keluarga adalah unit terkecil dalam masyarakat yang mempunyai peran yang sangat besar. Keluarga sehat mempunyai delapan fungsi yaitu fungsi agama, sosial budaya, cinta kasih, melindungi, reproduksi, pendidikan, ekonomi dan fungsi pembinaan lingkungan keluarga.

"Keluarga menjadi tempat dimana nilai-nilai agama diajarkan, dipraktekkan. Dan keluarga juga menjadi tempat bagaimana nilai-nilai kasih sayang diberikan secara langsung dari orang tua kepada anaknya," kata Wapres.

Oleh karena itu, keluarga yang disebut juga sebagai sekolah pertama atau madrasatul ula dalam menyiapkan generasi yang akan datang. 

Jika keluarga berhasil menyiapkan generasi yang sehat berpendidikan dan berkarakter baik maka ada jaminan masa depan bangsa.

 pentingnya peran keluarga dalam melakukan penurunan stunting dengan target percepatan adalah 14% pada tahun 2024. Untuk itu, wapres berharap untuk mencapai target tersebut agar BKKBN berkoordinasi dengan kementerian dan lembaga terkait dengan percepatan penurunan stunting ini.

"Karena memerlukan kerjasama berbagai kementerian dan lembaga yang memiliki program untuk kegiatan yang memang merupakan bagian dari tupoksinya tapi diperlukan untuk membantu percepatan penurunan prevalensi stunting ini," tuturnya.

Sementara itu, Bupati Rohul H. Sukiman mengatakan Peringatan Harganas ke XXVIII Tahun 2021 merupakan momentum menghidupkan kembali kesadaran bersama arti pentingnya keluarga dalam tatanan kehidupan social, terutama dalam penurunan Stunting.

Terkait arahan Wapres dalam melakukan penurunan stunting dengan target percepatan adalah 14%, diakui Bupati Rohul H. Sukiman, Pemkab Rohul komit dalam penurunan angka stunting di Negeri Seribu Suluk

Dijelaskannya, sejak tahun 2018 angka prevalensi stunting di Rohul dari angka 27% turun menjadi 18%, artinya Pemkab Rohul akan menurunkan 4% lagi sehingga menjadi 14% sesuai dengan target dan standar Pemerintah.

Dalam hal pencegahan stunting, Peringatan Harganas ini momentum yang baik dalam penurunan angka Stunting di Rohul. Apalagi pada masa pandemi saat ini peran serta tanggung jawab keluarga dalam memenuhi kebutuhan anak dalam mencegah stunting, menjadi lebih penting,” ujarnya

Dalam pencegahan stunting, keluarga berperan dalam meningkatkan gizi anak, menyediakan makanan bergizi seimbang dan berkualitas, hingga memastikan diterapkannya pola asuh berkualitas dalam sebuah keluarga.Sebutnya. (GS)



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar