Ciptakan Kamtibmas, Polsek Rantau Kopar Dorong Pembentukan FKPM Di Setiap Desa

kapolsek Rantau Kopar IPDA Yopi Ferdian bersama Camat Rantau Kopar April Mandri

Nusaperdana.com,Rantau Kopar - Kepolisian Sektor (Polsek) Rantau Kopar mengelar rapat koordinasi bersama Unsur Pimpinan Kecamatan (Upika) Kecamatan Rantau Kopar Kabupaten Rokan Hilir, Rabu (14/09) sekitar pukul 11.00 wib. 

Bertempat di Kantor Camat Rantau Kopar rapat koordinasi dalam rangka Kegiatan Pemolisian Masyarakat (Polmas) agar mengaktifkan kembali siskamling dan mendorong agar dibentuk Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKPM) di setiap Desa. 

Kapolsek Rantau Kopar, IPDA Yopi Ferdian SH, MH, MSi pada kesempatan itu mengatakan pentingnya masyarakat ikut andil dalam menjaga Harkamtibmas sehingga dalam hal ini tidak hanya menjadi tugas Polri, sesuai Perpol Nomor 4 tahun 2020 tentang Pam Swakarsa dan Perpol No 1 tahun 2021 tentang Polmas. 

"Kami Yakin dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat keamanan dan ketertiban yang aman dan kondusif pasti bisa tercapai dengan kemitraan dan kebersamaan," ucapnya. 

Dikatakan Mantan Kanit Gakkum Satlantas Polres Bengkalis itu, sehubungan dengan masalah kamtibmas, juga mendorong agar dibentuknya Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKPM) di setiap Desa yang ada di Kecamatan Rantau Kopar. 

"Dimana tugas dan tanggung Jawab FKPM nantinya bersama sama dengan 3  Pilar dalam melakukan antisipasi kejadian konflik yang ada di tengah masyarakat  disebut Problem Solving. Sehingga apabila ada permasalahan yang bersifat Sosial kemasyarakatan (tipiring) bisa di selesaikan ditingkat Desa (Restorative Justice), jadi tidak perlu dibawa kepolsek dengan pola Musyawarah Mufakat diselesaikan secara kekeluargaan," ungkap IPDA Yopi. 

Sementara itu, Camat Rantau Kopar April Mandri S.Sos sangat mendukung dan menerima dengan baik Ide dan gagasan yang di sampaikan Kapolsek Rantau Kopar. 

"Ini sesegera mungkin akan diadakan pertemuan dengan seluruh kepala desa dan tokoh masyarakat untuk mengaktifkan siskamling dan dibentuknya FKPM, sehingga masyarakat dan Polisi tidak ada batas dalam bersama sama menciptakan Harkamtibmas,"ujarnya.

Senada, perwakilan salah satu Tokoh Masyarakat Rantau Kopar Dedy Wahyudi S.Sos juga sangat mendukung dan Mengapresiasi ide dan gagasan Kapolsek Rantau Kopar.

"Dengan kultur dan budaya yang ada di Kecamatan Rantau Kopar dari berbagai suku, agama dan ras, sehingga nantinya bisa lebih menyatukan persepsi untuk kamtibmas yang lebih baik," ucap Dedy. 

Turut hadir pada rapat koordinasi tersebut Penghulu Bagan Cipedak Dedy Wahyudi S.Sos, Penghulu Sekapas Sarkoni, Kanit Binmas Polsek Rantau Kopar Anggiat Siburian, Babinkamtibmas Kelurahan Sungai Rangau Brigadir Ade Satriawan, Ketua Ninik Mamak H. Azwar Ahmad.**

 



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar