Demi Memulihkan Ekonomi Rakyat Pemda Rohul dan BPN Bagikan Sertifikat Tanah Gratis


Nusaperdana.com, Rokan Hulu - Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Pemkab-Rohul) bersama Badan Pertanahan Nasional (BPN) Rokan Hulu (Rohul) bangun kerjasama dan programkan 550 persil sertfikat tanah gratis bagi pelaku nelayan yakni usaha perikanan dan bagi pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM).

Plh Bupati Rohul H.Abdul Haris Lubis, menyampaikan bahwa ini merupakan program Nasional untuk membantu nelayan yang memiliki usaha kolam ikan serta para pelaku UKM dengan tujuan mempercepat pemulihan ekonomi rakyat dimasa pandemi covid-19, sebutnya Minggu (30/05/2021),

Dalam penyampaiannya, dari sebanyak 550 persil sertifikat tanah gratis itu,akan kita berikan untuk nelayan bidang perikanan yakni bentuk kolam ikan sebanyak 250 persil Sedangkan untuk Pelaku UKM yang memiliki usaha kecil di rumah (home industri),sebanyak 300 persil

“tahun ini program sertifikat tanah gratis 550 persil akan kita targetkan untuk nelayan dan UKM sudah bisa dilaksanakan,sebut Haris.

Lanjut Plh Bupati Rohul ini, Kita menyampaikan bagi masyarakat yang ingin dapat sertifikat tanah gratis bisa mengurusnya langsung melalui dinas terkait juga langsung ke BPN,” terang Plh Bupati Abdul Haris.

Abul Haris menyatakan, program sertifikat tanah gratis nelayan dan UKM nantinya setelah dapat sertifikat tanah bisa diagunkan ke bank melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk menambah modal usaha. Program itu juga program Pemerintah dalam percepatan meningkatkan ekonomi masyarakat dimasa pandemi Covid 19,ujar Abdul Haris Lubis,

“Tanah nelayan yang disertfikatkan seperti lahan kolam untuk usaha perikanan dan UKM, yakni semua usaha kecil rumahan. Untuk program nelayan bisa menghubungi ke Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan untuk UKM bisa melalui Bagian Adwil Sekretariat daerah Pemkab Rohul atau ke BPN langsung,”

Saat ini sudah ada 11 persil yang sudah masuk ke BPN untuk diproses persertifikatannya,Abdul Haris Berharap, agar masyarakat bisa memanfaatkan program ini untuk pemulihan ekonomi, harapnya. (GS)



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar