Dilantik Malam Ini, Berikut Keunggulan Papdesi Dibanding Organisasi Serupa

Dilantik Malam Ini, Berikut Keunggulan Papdesi Dibanding Organisasi Serupa

Nusaperdana.com, Bangkinang - Belakangan ini kita semakin sering mendengar eksistensi Perkumpulan Aparatur Desa Seluruh Indonesia (Papdesi)

Papdesi sendiri adalah organisasi profesi yang dibentuk dalam rangka mengatur penyelenggaraan pemerintahan umum secara bertahap, khususnya dalam bidang penyelenggaraan tata kelola pemerintah desa, pemberdayaan masyarakat desa dan pelaksanaan pelayanan publik bagi warga masyarakat desa.

Lalu apa keunggula. Papdesi bila dibanding organisasi Apdesi?

Kami coba menanyakan hal ini kepada Ketua Umum Papdesi Provinsi Riau, Datuk Sofian Majo Satu.

Menurut Datuk Sofian Majo Sati, setidaknya ada 3 kunggulan Papdesi bila dibandingkan dengan Apdesi.

Pertama, kata dia, Papdesi memiliki  Legal Standing yang jelas, memiliki SK Menkumham dari tahun 2016. Sedangkan Apdesi versi ARC menurutnya tidak mengantongi SK Kemenkumham.

Kedua, lanjut Kades Pulau Gadang Kampar ini, di Papdesi, kades dan aparatur desa murni, tidak boleh mantan kades apalagi orang yang tidak pernah jadi kades. Sedangkan kata Sofian, di Apdesi hal itu diperbolehkan.

Bahkan kata Sofian, ada istilah sekretaris eksecutive di Apdesi yang mengalahkan fungsi kawan-kawan kades aktif.

Ketiga, menurut Sofian, Papdesi bukan saja organisasi tempat kepala desa tapi juga wadah bergabungnya para sekdes, bendes, kaur, kasi serta kadus.

"Jadi tidak akan ada lagi perkumpulan  sekdes dan bendahara lainnya lagi. Itu perbedaan dari banyak perbedaan yang paling menonjol," ujar Sofian pada wartawan, Sabtu (26/3/2022).

Kepengurusan Papdesi Provinsi Riau akan dilantikan hari ini, Selasa, 29 Maret 2022. Kata Ketua Umum Papdesi, Datuk Sofian Majo Sati, pelantikan akan dilaksanakan di Hotel Pangeran Pekanbaru.(***)



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar