Disnakertrans Bengkalis Gelar Rakor Lembaga Kerjasama Tripatrit

Foto Ist

Nusaperdana.com,Bathin Solapan - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten mengelar Rapat Koordinasi (Rakor) Lembaga Kerjasama (LKS) Tripatrit, Jum'at 29 September 2023.

Bertempat di Surya Hotel Duri, Rakor ini dibuka oleh Plt Kadisnakertrans Bengkalis Salman Alfarizi melalui Kabid Hubungan Industri dan Jamsostek Halazmi Julizar S.STP, M.S Si. 

Dalam sambutannya Halazmi Julizar menyebutkan, kegiatan ini adalah terkait isu ketenagakerjaan di wilayah Kabupaten Bengkalis yang diikuti pesertanya dari serikat buruh, Pengusaha ( Api do) dan juga pemerintah. 

"Lembaga Kerjasama LKS) Tripatrit  dibentuk untuk mengatasi seluruh persoalan yang berhubungan dengan ketenagakerjaan. Dan lembaga ini diisi oleh perwakilan serikat buruh, pengusaha dan pemerintah," jelasnya.

Dikatakannya, LKS Tripatrit juga sebagai bentuk forum komunikasi dan konsultasi dan musyawarah tentang persoalan  ketenagakerjaan yang melibatkan tenaga kerja, pengusaha dan pemerintah, sesuai dengan UU No 13 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan. 

"LKS Tripatrit Kabupaten Bengkalis bertugas menampung, mengkaji, mengevaluasi dan merumuskan rancangan kebijakan dan memecahkan masalah ketenagakerjaan yang bersifat regional, daerah, sektoral, nasional dan internasional sebagai saran kepada pemerintah dan pihak terkait," ujarnya. 

Selanjutnya ditambahkan Halazmi, LKS Tripatrit Bengkalis juga menggalang komunikasi dan kerjasama timbal balik dengan segenap unsur tripatrit. Serta juga memberikan pertimbangan saran dan pendapat kepada Pemda dan pihak terkait dalam penyusunan kebijakan dan pemecahan masalah ketenagakerjaan secara nasional.

"Kondisi ketenagakerjaan di Kabupaten Bengkalis sebagai salah satu kabupaten  penghasil migas terbesar di Riau, tentunya akan menghadirkan perusahaan migas dan perusahaan lainnya.Tentunya hal ini memicu banyaknya masalah mendasar seperti hubungan industrial, perburuhan serta urbanisasi," pungkasnya hal ini perlu disikapi dengan tepat.**



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar