DP2KBP3A Inhil Ajak Masyarakat Gunakan Kontrasepsi Jangka Panjang

DP2KBP3A Inhil Ajak Masyarakat Gunakan Kontrasepsi Jangka Panjang

 

Indragiri Hilir - Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) mengajak masyarakat mengunakan kontrasepsi jangka panjang.

Kontrasepsi jangka panjang ini dimaksud guna mensukseskan program dua anak cukup oleh pemerintah pusat dengan mensukseskan penggunaan KB.

Alat kontrasepsi jangka panjang itu diantaranya, Impalan, IUD, Metode Oprasi Wanita (MOW), Metode Oprasi Pria (MOP).

MKJP adalah alat kontrasepsi yang digunakan untuk menunda kehamilan, serta menghentikan kesuburan yang digunakan dengan jangka panjang meliputi alat kontrasepsi dalam rahim IUD, Implan dan kontrasepsi mantap MOW dan MOP.

"Alat kontrasepsi jangka panjang (MKJP) juga merupakan alat kontrasepsi yang digunakan untuk menunda, menjarangkan kehamilan, serta menghentikan kesuburan yang digunakan dengan jangka panjang, yang meliputi IUD (intra uterine device), implant (susuk KB) dan kontap (kontrasepsi mantap)," terangnya, Senin (24/2).

Selain itu, esensi tugas program Keluarga Berencana (KB) dalam untuk menurunkan total fertility rate (TFR) agar dapat mengurangi beban pembangunan demi terwujudnya kebahagian dan kesejahteraan bagi rakyat yang madani.

"Apalagi pelayanan program KB pelaksanaannya senantiasa terintergrasi dengan kegiatan kelangsungan hidup ibu, bayi dan anak serta penanggulangan masalah kesehatan dan kesetaraan gender sebagai salah satu upaya pemecahan hak-hak reproduksi kepada masyarakat," pungkasnya.(adv)



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar