Fraksi DPRD Siak Sampaikan Pandangan Umum Terkait LPj APBD 2022 dan APBD 5 Ranperda


Nusaperdana.com,Siak--Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Siak, melaksanakan Rapat Paripurna dengan agenda penyampaian pandangan umum Fraksi DPRD terhadap ranperda pertanggungjawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Siak Tahun Anggaran 2022, sekaligus penyampaian lima ranperda Kabupaten Siak. Kegiatan digelar di Ruang Rapat Putri Kacang Mayang DPRD Kabupaten Siak, Senin 10 Juli 2023.

Sekretaris DPRD Siak, Setya Hendro Wardhana, mengumumkan, mengacu kepada Tata Tertib (Tatib) DPRD Kabupaten Siak Nomor 1 Tahun 2022 kuorum telah terpenuhi, sesuai dengan jumlah pimpinan dan anggota yang hadir sebanyak 23 orang dan telah menandatangani daftar hadir acara sudah bisa dimulai.

Rapat Paripurna dipimpin oleh ketua DPRD Siak, Indra Gunawan, adapun perwakilan yang membacakan pandangan umum Fraksi DPRD Siak terhadap ranperda pertanggungjawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Siak Tahun Anggaran 2022.

Penyampaian pandangan umum dalam sidang paripurna itu dimulai dari fraksi Golkar yang dibacakan oleh Miduk Gurning. Dalam pandangannya, F-Golkar menyayangkan banyak target yang masih belum tercapai sesuai penganggaran awal. Yang paling disorot ialah soal PAD yang selisihnya mencapai Rp35 miliar dari target awal.

"Yang jadi perhatian adalah PAD, banyak turunan PAD tapi selisihnya jauh dari target. Mohon dijelaskan dan dirincikan oleh saudara Bupati," cakap Miduk saat menyampaikan pandangan umum F-Golkar.

F-Golkar juga menyoroti defisit penghapusan aset non lancar Pemkab Siak sebesar Rp 7 miliar lebih. Sementara surplus penjualan aset hanya Rp 32 juta.

Selanjutnya yang memberikan pandangan umum adalah Fraksi PAN yang dibacakan oleh Ridha Alwis, dilanjutkan dari Fraksi Gerindra yang dibacakan oleh Robi Cahyadi, kemudian Fraksi PDI-P yang dibacakan oleh Oloan Munthe, lalu Fraksi PKS yang dibacakan oleh Muslim, Fraksi Demokrat diwakilkan oleh Sekretaris DPRD Siak Setya Hendro Wardhana, Fraksi Kebangkitan Pembangunan yang dibacakan oleh Musar, dan terakhir Fraksi Hannas yang dibacakan oleh Janes Simanjuntak.

Dalam pandangan fraksi tersebut, umumnya semua menyampaikan ucapan selamat atas keberhasilan Pemkab Siak yang meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) ke-12 kalinya dalam Laporan Hasil Pemeriksaan (LPH) dan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) oleh BPK RI tahun anggaran 2022. Namun masing-masing fraksi tetap mengingatkan agar OPD tidak terlena dan terus meningkatkan kinerja karena WTP bukan tolak ukur keberhasilan

Setelah pembacaan pandangan umum fraksi di lanjutkan dengan penyerahan lima Ranperda Kabupaten Siak oleh Bupati Alfedri kepada Ketua DPRD Siak Indra Gunawan.

Rapat Paripurna ini juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Siak yang di wakili oleh Asisten I Sekda Siak Dr H Fauzi Azni, dan seluruh Forkopimda Kabupaten Siak.(Adventorial DPRD Siak/Donni)



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar