Hasil Melimpah, Suardi Saleh Menuai Padi yang Dulu Ia Tanam


Nusaperdana.com, Barru Sulsel - Siapa yang menanam, ia yang menuai" demikian pepatah yang dimaknai sebagai kausalitas hubungan timbal balik atas upaya memaksimalkan proses untuk hasil. Bulan Juli lalu, Bupati Barru Suardi Saleh dan Wakil Bupati Nasruddin AM serta Sekda Barru Abustan, kompak turun ke sawah bersama sejumlah petani untuk menanam benih dan berdoa bersama untuk sukses masa tanam Gadu 2020 di Buludua, Desa Balusu.

Walhasil, Benih padi yang ditanam pada Gerakan tanam bersama di Lokasi yang sama pada Dusun Bulu Dua, Desa Balusu, Kecamatan Balusu, tiga bulan lalu itu, tumbuh subur sesuai harapan bahkan hasilnya lebih banyak dari biasanya pada musim yang serupa. Bupati Barru Suardi Saleh bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Barru Hasnah Syam yang mendengar kabar menggembirakan ini berkesempatan untuk membersamai Petani di Buludua Balusu untuk panen perdana, Siang tadi, Kamis (27/8/2020).

Bupati Barru H Suardi Saleh mengapresiasi hasil panen para petani di Barru dapat meningkat. Meski diakuinya lahan pertanian yang masih dapat diperluas namun dari segi produktivitas hasil pertanian sangat luar biasa.

"Alhamdulillah, hasil produktivitas pertanian kita tak mau kalah dengan daerah lainnya, Luas Tambah Tanaman kita juga terus digenjot untuk ditanami, selain padi, produktivitas yang lain juga terus dilakukan" sebut Suardi Saleh yang nampak larut dengan suasana gembira melihat wajah puas dan bahagia para petani di lahan persawahan mereka.

Di akhir sambutannya, ia turut mengapresiasi Kelompok Tani Tujuh Wali Buludua yang telah berhasil menuai padi dan melakukan panen perdana.

Kepala Dinas Pertanian Ahmad, yang juga memberikan ungkapan syukur karena hasil pertanaman yang dilaksanakan tiga bulan yang lalu ditempat ini kini berhasil dipanen.

"Alhamdulillah, sistem pertananaman yang dilakukan dengan menggunakan sistem Ubinan di Kelompok Tujuh Wali, berhasil sesuai harapan bersama" ujar Mantan Sekretaris BPSDM Barru ini.

Ia dengan lugas menyampaikan terima kasih ke segenap pihak dan mengurai bahwa keberhasilan produktivitas pertanian di Kabupaten Barru musim tanam 2020 ini berkah bersama.

"Hasil panen yang lebih baik karena berdasarkan hasil ubinan yg di lakukan BPS hasilnya cukup menggembirakan yaitu 4.82 kg atau setara 7.11 ton perhektar dan jika dikonversi ke harga gabah sekarang Rp 4.800 perkg atau setara Rp. 34.000.000 per ha" Ungkap Insinyur Pertanian ini.

Pada panen perdana tersebut hadir Kepala BPS, Camat Balusu, Kapolsek dan Danramil Soppeng Riaja Kepala Desa Balusu, Pengurus Kelompok Tani Tujuh Wali dan petani lainnya. (Humas Barru)



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar