Kadis PMD Inhil Diundang Menjadi Pamateri Tingkat Nasional di Balik Papan Provinsi Kaltim

Kadis PMD Inhil Diundang Menjadi Pamateri Tingkat Nasional di Balik Papan Provinsi Kaltim

Nusaperdana.com, Balik Papan - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) diundang menjadi pemateri Tingkat Nasional dalam ekspos peran dana desa dalam mengawal program kesehatan masyarakat Desa, di Balik Papan Provinsi Kalimantan Timur, Jumat 10 Mei 2024.

Kepala Dinas PMD Kabupaten Inhil, H. Dwi Budyyanto, Sos. M.si dalam pemaparannya dengan mengangkat tema "Dukungan Dana Desa untuk Bidang Kesehatan serta Kolaborasi Desa dan Puskesmas" berdasarkan pengalaman lapangan.

Dijelaskan H. Dwi Budyyanto, DPMD merupakan salah satu instansi yang mengurusi pemerintah desa untuk terus berperan aktif dalam upaya pencegah dan pengendali penyakit melalui kebijakan Dana Desa.

"Pencegahan dan pengendalian penyakit seperti AIDS, Tuberkulosis, Malaria dan penyakit lainnya dengan didukung dari Dana Desa," jelas Kepala DPMD Kabupaten Indragiri Hilir.

Lanjutnya, dalam penggunaan Dana Desa harus di kelola, dimanfaatkan serta direalisasikan sebaik mungkin. Seperti fokus pada permasalahan desa meliputi kemiskinan, Kesehatan dan pendidikan. Selain itu fokus Dana Desa juga pada pemanfaatan dan pengembangan potensi desa.

"Hal ini bertujuan untuk memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat desa berupa peningkatan kesejahteraan dan penanggulangan kemiskinan serta peningkatan pelayanan publik seperti sarana kesehatan," pungkasnya.



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar