Lawan Covid-19, BPPT Kembangkan Emergency Ventilator


Nusaperdana.com, Jakarta - Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) kembali mengenalkan produk alat kesehatan buatan dalam negeri yang diperuntukan percepatan penanganan Covid-19. Alat tersebut berupa Emergency Ventilator.  

"Konsorsium Riset dan Inovasi Covid-19 @kementerianristekbrin telah menghasilkan berbagai produk alat kesehatan buatan anak bangsa untuk mendukung percepatan penanganan Covid-19, salah satunya adalah Emergency Ventilator," tulis akun Instagram resmi milik BPPT yang dikutip Okezone.

Produk inovasi karya putra-putri Indonesia itu telah diapresiasi oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) kemudian langsung diluncurkan produk Konsorsium Riset dan Inovasi Covid-19 pada 20 Mei 2020.

"Emergency Ventilator ini sebagai alat bantu pernafasan untuk membantu pasien terinfeksi virus corona yang mengalami gangguan pernafasan dengan menggunakan ambubag (alat untuk memompa oksigen atau pipa berkatup). Namun ada pula jenis emergency ventilator berbasis pneumatic," ujarnya.

Produk ini mengadopsi desain open source yang dikembangkan di Eropa dengan modifikasi sesuai material dan komponen yang ada di pasar lokal. Guna mengantisipasi kebutuhan terhadap produksi massal.

"BPPT telah menjalin kesepakatan dengan tiga industri nasional dari kalangan BUMN dan swasta untuk memproduksi Emergency Ventilator," ungkapnya.

Produk ini telah melalui serangkaian uji dan validasi serta telah memiliki izin edar sehingga siap untuk digunakan di fasilitas-fasilitas kesehatan.



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar