Nasywa Nayifa Salsabila Salah Satu Penerima Beasiswa Prestasi PHR Dari 10 Penerima

_Nasywa Nayifa Salsabila saat menerima sertifikat yang diserahkan oleh Gubernur Riau Syamsuar, pada acara Penganugerahan dan Inaugurasi Penerima Beasiswa Prestasi S-1 PHR, di Gedung Pertemuan RCC Rumbai._

Nusaperdana.com,Pekanbaru – Program Beasiswa Prestasi S-1 Pertamina Hulu Rokan (PHR) 2023 disambut antusias siswa dan siswi Riau, salah satunya Nasywa Nayifa Salsabila yang kemudian berhasil menjadi 1 dari 10 penerima beasiswa prestasi tersebut. Seperti apa kisah Nasywa mendapatkan beasiswa tersebut?

Tercatat, ada 1.786 siswa yang mendaftar program Beasiswa Prestasi PHR jenjang S-1 tersebut. Setelah melalui serangkaian seleksi yang profesional, sebanyak sepuluh putra-putri terbaik Riau terpilih untuk mendapatkan beasiswa di Universitas Pertamina itu, satu di antaranya Nasywa Nayifa Salsabila, siswi lulusan MAN Insan Cendikia Siak.

Nasywa tak dapat menyembunyikan rasa senangnya usai membaca surat elektronik dari Pertamina Foundation (PF) awal Mei 2023 lalu. Tanpa sadar, air mata mengalir dari sudut matanya. Di dalam surat, dinyatakan ia terpilih sebagai salah satu pemenang Beasiswa Prestasi Jenjang Sarjana (S-1) PT Pertamina Hulu Rokan (PHR).

“Saya sangat terharu dan menangis usai menerima kabar bahagia ini,” kata pelajar asal Bangkinang, Kampar ini. 

Tak sabar, Nasywa langsung mengabari kedua orang tuanya yang sedang berada di luar kota. “Di ujung telepon, saya mendengar suara bunda bergetar. Sambil mengucapkan selamat atas keberhasilan saya menerima beasiswa penuh dari PHR,” ujarnya mengisahkan kembali kebahagiaan itu. 

Sejak awal, Nasywa sangat termotivasi mengikuti Program Beasiswa Prestasi S1 PHR setelah mendapat informasi dari guru di sekolahnya pada Maret 2023. Baginya, peluang beasiswa penuh merupakan kesempatan emas untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi tanpa membebani perekonomian orang tua. 

Nasywa sempat pesimis dengan banyaknya peminat. Terlebih, para peserta merupakan siswa terbaik utusan sekolah dari 7 kabupaten dan kota di Riau. Namun Nasywa tetap semangat mengikuti serangkaian seleksi. 

“Saya menyadari kuliah tentunya membutuhkan biaya tidak sedikit. Ini kesempatan saya mendapatkan beasiswa penuh, agar bisa meringankan beban orang tua,” tuturnya. 

Sejumlah tahapan seleksi dilalui dengan baik, mulai dari seleksi administrasi, Tes Potensi Akademik (TPA), wawancara, hingga tahap Diskusi Grup Terarah (fokus Grup Discussion-FGD).  

“Di tahap FGD saya sempat gerogi karena harus berhadapan dengan teman yang saya kenal sangat hebat. Namun saya berusaha kontrol diri dan tetap santai menjalani prosesnya,” ucapnya.  

Namun dengan motivasi dan semangat yang tinggi, Nasywa dapat melawati seleksi ketat ini dengan lancar hingga akhirnya dinyatakan lolos sebagai penerima beasiswa. “Alhamdulillah, ini sangat luar biasa. Tidak pernah terbayangkan bisa melangkah sejauh ini. Tentunya ini berkat doa orang tua,” ujarnya. 

Nasywa termasuk siswa berprestasi di sekolah. Ia selalu masuk rangking lima besar di kelas. Nasywa juga kerap menjadi utusan sekolah mengikuti lomba bidang ekonomi dan akuntansi. “Kemudian saya menjuarai Olimpiade Sejarah di FKIP Unri di tahun 2022 bersama tim,” katanya. 

Di bidang non akademik, Nasywa tergabung dalam kegiatan OSIS serta aktif terlibat dalam klub jurnalistik dengan menerbitkan majalah sekolah secara berkala. 

Ketertarikannya dengan mata pelajaran ekonomi dan akuntansi membuat Nasywa memilih Jurusan Ekonomi di Unversitas Pertamina. “Penting bagi kita belajar ekonomi karena setiap aktivitas lapisan masyarakat sangat erat kaitannya dengan ekonomi,” paparnya. 

Nasywa berjanji memanfaatkan kesempatan kuliah di Universitas Pertamina melalui beasiswa penuh dari PHR sebaik-baiknya. “Nasywa berjanji terus berusaha mengejar prestasi. Bergabung dengan organisasi kemahasiswaan untuk pengembangan diri serta mengikuti berbagai perlombaan dan terlibat aktif di kampus,” ucapnya. 

Sementara itu, Ayah Nasywa Fahraini Khas mengucapkan terima kasih kepada PT Pertamina Hulu Rokan dan Pertamina Foundation atas kesempatan beasiswa penuh yang diberikan kepada anaknya.  

“Semoga beasiswa ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk masa depan yang lebih cemerlang,” ucapnya. 

Beasiswa Prestasi PHR memberikan beragam manfaat kepada pemenang selama menjalani kuliah. Para penerima akan mendapatkan bantuan biaya pendidikan SPP/UKT, biaya hidup dan pendukung serta biaya program pengembangan kapasitas dan Aksi Sobat Bumi.

“Program Beasiswa Prestasi PHR ini merupakan wujud komitmen PHR bersama Pertamina Foundation untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Riau, dalam mencetak generasi pemimpin masa depan yang berdaya saing,” kata Corporate Secretary PHR WK Rokan Rudi Ariffianto.**



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar