Peningkatan Ekonomi Masyarakat, Kepala Desa Mahato Luncurkan Program Budidaya Ikan Air Tawar

Peningkatan Ekonomi Masyarakat, Kepala Desa Mahato Luncurkan Program Budidaya Ikan Air Tawar

Nusaperdana.com, Rohul - Pemerintah Desa (Pemdes) Mahato mencanangkan program peningkatan ekonomi masyarakat desa melalui program Bioflok. Kepala Desa (Kades) Mahato Firiadi mengatakan dalam Waktu dekat ini pihaknya akan meluncurkan kolam ikan tawar.

Adapun program kolam sistim Bioflak yang berdiameter 3 x 3 meter dijadikan kolam budidaya ikan tawar, sebagai upaya peningkatan perekonomian dan ketahanan pangan warga.

"Nantinya kolom-kolam ini dijadikan tempat budidaya ikan air tawar," terang Firiadi diruang kerjanya Selasa 5/7/2022.

Firiadi menjelaskan, sebanyak 50 kolam ikan Bioflok sumber dana yang diambil dari Dana Desa sebesar Rp.170.000.000,00 (Seratus tujuh puluh juta rupiah) akan dibagikan pekan ini kepada 50 anggota kelompok di Desa yang ia pimpin.

Lebih lanjut ia menjelaskan, dalam satu kolam Bioflok akan ditabur benih ikan lele sebanyak 250.000 Ekor dan pakan telah disiapkan hingga musim panen hingga 3 bulan.

Firiadi berharap, kegiatan ini berhasil untuk mengait minat warganya untuk melakukan kegiatan tanam ikan dikolam Bioflok, serta dapat meningkatkan ekonomi warganya.

Untuk diketahui teknologi bioflok lebih tepat dikatakan sebagai sistem budidaya terintegrasi, karena terjadi symbiosis antara mikro organisme dan ikan sebagai komoditas utama budidaya. Bioflok sendiri merupakan sebuah sistem dengan menumbuhkan mikroorganisme.

dan Fungsi dari mikro organisme tersebut ialah memanfaatkan limbah yang terdapat di kolam tempat ikan hidup. Bioflok didominasi oleh bakteri probiotik dan jamur.Menurutnya dengan metode Bioflok tersebut, lebih efisien dan tidak memakan banyak tempat,''ujar Firiadi mengakhiri (GS)



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar