PPKM Mikro Diharap Jadi Solusi Tekan Laju Covid-19 di Aceh Singkil


Nusaperdana.com, Aceh Singkil - Kasus pasien reaktif Covid-19 yang meninggal dunia di Aceh Singkil terus bertambah. Usia rata-rata pasien yang meninggal tersebut di atas 40 tahun. 

Penambahan pasien meninggal di tahun 2021 telah mencapai 19 orang. Sebagai perbandingan, untuk tahun kemarin, jumlah pasien reaktif Covid-19 yang meninggal ditutup dengan angka 7 orang. 

Pembatasan Kegiatan Masyarakat Skala Mikro diharapkan menjadi solusi menekan laju penyebaran Pandemi Covid-19  saat ini. Sementara itu, Kabupaten Aceh Singkil masih berstatus zona merah, dengan pengetatan PPKM di level 3. 

“Aceh Singkil saat ini masih berstatus zona merah dan PPKM level 3,” ucap Raja Maringin, Kabid P2P Dinkes Aceh Singkil, singkat, Sabtu (23/8/2021). 

Secara global, untuk seluruh Aceh, pasien yang masih dalam perawatan sebanyak 5.814 orang. Demikian informasi dari Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Aceh kepada media. 

“Pasien Covid-19 yang dirawat di seluruh RSU se-Aceh sebanyak 5.814,” ucap Syaifullah Abdulgani, Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Aceh. 

Ia menjelaskan, sebahagian besar kasus aktif tersebut melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing. Atau di tempat isolasi khusus yang tersedia oleh pemerintah kabupaten/kota 

“Isolasi mandiri atau isolasi di tempat khusus memungkinkan bagi pasien-pasien positif Covid-19. Namun bagi yang tidak menunjukkan gejala. Atau hanya memiliki gejala ringan,” katanya. 

Sementara pasien-pasien yang menunjukkan gejala sedang dan berat/kritis, menjalani perawatan di rumah sakit perawatan Covid-19 di Aceh. 

Pasien tersebut menjalani perawatan di Ruang Isolasi PINERE (Penyakit Infeksi New Emerging dan Reemerging). Atau di ruang perawatan Intensive Care Unit (ICU), tergantung kebutuhan medisnya. 

Ada 30 rumah sakit rujukan yang merawat pasien-pasien Covid-19 dan menyebar di 23 kabupaten/kota di Aceh. Berdasarkan data per 17 Agustus 2021, sebanyak 65 pasien sedang dirawat di Ruang ICU Rumah Sakit Umum Daerah atau rumah sakit khusus lainnya. Sedangkan 587 pasien mengisi tempat tidur di ruang isolasi,” kata Syaifullah. 

Pasien yang menjalani perawatan di rumah sakit, sekitar 11 persen lebih dari semua kasus aktif. “Dan selebihnya sedang isolasi di luar rumah sakit,” pungkasnya. (Sulaiman)



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar