Program Bangga Kencana BKKBN Riau Bersama TMMD Ke 113 di Kecamatan Pinggir

Foto Bersama Wasev TNI AD Brigjen TNI Junaedi, Kabid BKKBN Riau Magdalena Wati Yulia, Danrem WB Brigjen TNI P. Hutagalung, Asisten I Adreas W, Dandim 0303 Bengkalis Letkol Inf Endik YH, Kadis Perkim Supardi, Kapolsek Pinggir Kompol Maitertika, Kepala Desa

Nusaperdana.com,Pinggir - Sebagai wujud percepatan penurunan stunting di Provinsi Riau, BKKBN Provinsi Riau bersama TNI Manunggal Membangun Desa ke-113 melaksanakan program Bangga Kencana untuk masyarakat Kecamatan Pinggir, Kabupaten Bengkalis, pada Hari Selasa di Penghujung Bulan Mai 2022.

Program ini, dilakukan sosialisasi 1000 hari pertama kehidupan serta launching skrining pemeriksaan kesehatan kepada calon pengantin.

Ketua Tim Pengawasan dan Evaluasi TMMD, Brigjen TNI Junaedi S.Ap menjelaskan bahwa TMMD merupakan program yang mencakup keseluruhan aspek dalam pembangunan dan perbaikan bagi masyarakat setempat, salah satunya dalam bentuk non fisik berupa program Bangga Kencana.

“Selain fisik misalnya dengan perbaikan akses jalan dan lain sebagainya, kita juga memperhatikan aspek non fisik. Non fisik ini memang tidak bisa diukur tapi bisa dirasakan. Dan inilah beban kami. Terlebih daerah ini bisa dikatakan cukup rawan dengan potensi bahaya. Dengan kegiatan non fisik, kita bisa membendung dengan cara mengubah mindset masyarakat. Sehingga sekeras apapun yang dilakukan, mereka bisa membentengi diri,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Perwakilan BKKBN Provinsi Riau, Mardalena Wati Yulia berharap TMMD dapat meningkatkan keberhasilan pencapaian program Bangga Kencana.

TMMD diharapkan menjadi dedikasi terbaik membangun negeri, khususnya di daerah kecamatan Pinggir, Kabupaten Bengkalis.

“Meskipun saat terakhir evaluasi dari pusat, Provinsi Riau berada dalam urutan terbaik 3 di Indonesia, kita masih punya target yang perlu dikejar dan ditingkatkan. Peningkatan ini salah satunya dengan program percepatan stunting. Kita tentunya butuh dukungan dari berbagai pihak, dan sinergi TMMD ini menjadi dukungan yang luar biasa karena mengingat Bengkalis termasuk dalam 4 kabupaten dengan tingkat stunting yang cukup tinggi di Provinsi Riau,” tambahnya.

Hal tersebut sejalan dengan penjelasan Ediyanto, Selaku Kepala Bidang Keluarga Berencana, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Bengkalis.

Saat ini Bengkalis tengah menggesa berbagai program seperti pengaktifkan PAUD dan Posyandu, serta aktif mencari anak yang potensial stunting supaya bisa dicegah.

“Percepatan stunting ini juga kita kejar salah satunya melalui penyerahan alat pengukur, antropometri dari Pertamina Hulu Rokan yang dalam hal ini juga mendukung program percepatan stunting ini," paparnya

Ia berharap, kedepannya angka stunting di Bengkalis dan Riau secara keseluruhan bisa ditekan. Dengan demikian, Indonesia bisa memiliki generasi emas dan unggul yang siap membangun bangsa.**



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar