Program Inovasi Kelapa Pendan Wangi Puskesmas Tembilahan Hulu Sabet Penghargaan Tingkat Nasional

Kepala Puskesmas Tembilahan Hulu Hj Rosdinah saat menerima penghargaan di Padang

Nusaperdana.com, Padang - Program Inovasi Kelapa Pendan Wangi, Puskesmas Tembilahan Hulu sabet penghargaan tingkat nasional di Padang, Sumatera Barat, Rabu 26 Oktober 2022.

Penghargaan yang diterima Puskesmas Tembilahan Hulu yakni Peringkat Madya pada lomba inovasi Puskesmas Semiloka II, Asosiasi Puskesmas Indonesia (APKESMI).

Kepala UPT Puskesmas Tembilahan Hulu, Hj Rosdinah, SSt, M. Kes, yang menghadiri langsung penyerahan penghargaan di Padang menjelaskan Kelapa Pendan Wangi merupakan kepanjangan dari Kelompok Papa Peduli dengan Jamban Keluarga Indragiri yang selama ini menjadi program Inovasi unggulan.

"Kelapa Pendan Wangi merupakan  program inovasi program kesehatan lingkungan di Puskesmas Tembilahan Hulu dalam menciptakan kesadaran tentang penting jamban sehat," jelas Hj Rosdinah, SSt, M. Kes.

Lanjut Kepala Puskesmas menerangkan, derajat kesehatan di pengaruhi oleh empat faktor yaitu lingkungan, perilaku, pelayanan kesehatan, dan keturunan.

Hasil penelitian yang sudah sering diangkat oleh para pakar kesehatan, mengungkapkan bahwa aspek lingkungan memiliki kontrsibusi 45%, perilaku 30%, pelayanan kesehatan 20%, dan genetic atau keturunan sebesar 5%.

"Dari buruknya sanitasi dasar itu maka berpengaruh terhadap kejadian Stunting di wilayah provinsi Riau khususnya Kabupaten Indragiri Hilir," ungkap Hj Rosdinah, SSt, M. Kes.

Sebagai salah satu program inovasi dalam permasalahan ini, UPT Puskesmas Tembilahan Hulu mencetuskan program Kelompok Papa Peduli Dengan Jamban Warga Indragiri (Kelapa Pendan Wangi).

Dengan melibatkan lintas program, diantaranya Kesling dan Promkes, SK Kelapa Pendan Wangi dengan Kordinator Kepala Puskesmas dan sebagai Supervisor adalah Petugas Sanitarian Puskesmas.(Dana)



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar