Tim Gabungan Berjibaku Padamkan Api Dilahan Gambut di Rohul

Tim Gabungan Berjibaku Padamkan Api Dilahan Gambut di Rohul

Nusaperdana.com, Rohul – Kebakaran Lahan yang terjadi di Kilometer 28 RT 14 RW 4 Desa Pauh Kecamatan Bonai Darussalam Kabupaten Rokan Hulu, Riau, pada Selasa (6/4/2022) malam, membuat petugas gabungan TNI POLRI, BPBD Rohul,di bantu perusahaan swasta setempat turun dalam memadamkan api.

Personil TNI Babinsa Koramil 10 Kunto Darussalam Kodim 0313/KPR Serma BK. Tumanggor mengatakan, hari kedua api telah padam. Karena di lahan gambut, hingga sampai saat ini pendinginan masih terus dilakukan petugas.

Diakui, Api telah padam tetapi asap masih ada, makanya secara terus menerus kami melakukan penyiraman dengan menggunakan air. Untuk luas lahan sekitar 20 hektar,” kata Serma BK Tumanggor, Sabtu (9/4/2022).

Kita Butuh tenaga serta perjuangan yang kuat, agar bisa melakukan pemadaman api kebakaran dilahan gambut. Bahkan Tim gabungan rela tidur di hutan selama dua malam untuk memantau perkembangan api.

“Sampai hari ini terus kami pantau. Takutnya, kalau ada percikan api dan di hembus angin pindah ke tempat lain, untuk itu penyiraman air ke areal lahan gambut secara terus menerus kami lakukan hingga asap tidak terlihat lagi. Untuk kedalaman gambut sekitar 30 Centimeter,” sebut Serma BK. Tumanggor sambil membersihkan keringat di wajahnya.

Seperti diketahui, TNI tidak hanya berperan sebagai penjaga pertahanan dan keamanan negara. Selain itu, TNI juga kerap ditugaskan negara untuk membantu dalam memadamkan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). serta melayani dan melindungi Masyarakat.

"Meski kami sedang bertugas, ibadah merupakan prioritas sebagai ungkapan syukur kepada sang pencipta," ujarnya.

Terihat petugas pemadam dari RPK Desa Pauh, RPK PT Parna, RPK PT RAS, RPK PT Graha, Kebun 36-38, PT Andika dan PT SSP turun dalam menbantu melakukan pendinginan.

Hingga sampai saat ini, para petugas masih terus melakukan pemantauan dan pendinginan di lahan gambut tersebut.pungkas Serma Tumanggor.(GS).



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar