Tim Gabungan Karhutla Berhasil Padamkan Api di Lahan Seluas 80 Hektar di Rohul

Tim Gabungan Karhutla Berhasil Padamkan Api di Lahan Seluas 80 Hektar di Rohul

Nusaperdana.com, Rohul - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Desa Suka Maju Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu sejak Sabtu (9/7/2022), tercatat mencapai 80 hektare.

Kapolsek Rambah Iptu Syafruddin, SH menjelaskan, saat ini tim gabungan yang terdiri dari TNI Polri dan BPBD Rohul telah berhasil melakukan pemadaman dan pendinginan dengan cara manual.

"Dapat kami laporkan dari lapangan, saat ini kondisi api telah padam. Langkah-langkah yang kami lakukan melakukan pendinginan dan pemadaman," jelas Iptu Syafruddin dilokasi Karlahut, Senin (11/7/2022).

Juga mengatakan, luas lahan yang terbakar di perkirakan lebih kurang 80 hektare dengan kondisi alam perbukitan.

Kapolsek Rambah IPTU Syafruddin SH menghimbau kepada masyarakat tempatan, apabila ingin membuka lahan atau berkebun, hindari dengan  cara membakar, karena sangat berbahaya baik untuk lingkungan maupun kesehatan.sebutnya

Sementara itu, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 02 Rambah Kodim 0313/KPR Serda Dedy Nofery S  mengatakan,
sebelumnya petugas gabungan TNI,POLRI bersama BPBD telah melakukan pemadaman dan pendinginan Karlahut .

Jelas dikatakan Babinsa Dedy Nofery bahwa pencegahan kebakaran hutan dan lahan adalah tanggung jawab bersama dan bukan hanya tugas aparat TNI, Polri dan BPBD. Dirinya mengajak masyarakat untuk ikut berperan aktif dalam menjaga kelestarian hutan,serta mencegah Karhutla.

Saat ini, di atas lahan itu petugas telah memasang plang pemberitahuan bahwa areal tersebut dalam penyidikan Polsek Rambah.Terangnya mengakhiri.(GS)



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar