Wabup Husni Jadi Pembina Upacara Pada Hari Pramuka ke - 62 Tingkat Kabupaten Siak


Nusaperdana.com,Siak--Puncak peringatan Hari Pramuka ke - 62 tahun tingkat Kabupaten Siak tahun 2023 berlangsung meriah, acara berlangsung di Bumi Perkemahan Tengku Buwang Asmara, Merempan Hilir, Mempura, kabupaten Siak, Senin (14/8/2023).

Wakil Bupati Siak Husni Merza, selaku Wakil Ketua Majelis Pembimbing Kwartir Cabang 09 Gerakan Pramuka Siak, bertindak sebagai pembina pada upacara peringatan Hari Pramuka ke - 62 tahun.

Tanggal 14 Agustus 2023, Segenap anggota Gerakan Pramuka yang ada di seluruh Indonesia merasa bahagia dan bersyukur karena organisasi pendidikan kepanduan Praja Muda Karana telah genap berusia 62 tahun.

"Pada tahun ini sekaligus kita memperingati 111 tahun keberadaan gerakan kepanduan di bumi Indonesia yang telah ada sejak tahun 1912. Untuk itulah kita perlu mengucapkan terimakasih kepada Allah Tuhan Yang Maha Esa karena atas nikmat dan berkah-Nya, Gerakan Pramuka dapat terus maju dan berkembang serta berkiprah untuk membantu masyarakat dan program-program pemerintahan serta menangani pendidikan non formal dalam pembentukan karakter",ujar Husni.

Pada peringatan Hari Pramuka ke-62 pada tahun 2023, sambungnya, mengambil Tema "Dengan Peringatan Hari Pramuka ke -62, Mari kita Wujudkan SDM yang Profesional dan Berwawasan Kebangsaan".

Husni menjelaskan, Tema ini menunjukkan semangat Gerakan Pramuka untuk meningkatkan sumber daya manusia yang lebih profesional, mencermati sumber daya manusia yang ada sekarang masih jauh dari yang diharapkan. Dan Wawasan Kebangsaan juga menjadi sangat penting agar nilai-nilai kebangsaan tidak luntur, tetap menanamkan Nasionalisme, Cinta Tanah Air dan semangat Bela Negara.

"Berkaitan dengan hal tersebut, Kwartir Nasional juga telah menaruh perhatian pada peningkatan kualitas Gugus depan-Gugus depan Pramuka di mana pun berada. Untuk itu, saya berharap bahwa Kwartir di semua tingkatan harus dapat turut membantu peningkatan kualitas Gugus depan yang berada di wilayah masing-masing", harap Ka kwarnas yang disampaikan oleh Wabup Husni.

Ka kwarnas juga berpesan melalui pidatonya, untuk menghadapi Tahun Politik, kiranya persatuan dan kesatuan Gerakan Pramuka harus tetap solid dan menjadi garda terdepan untuk merajut persatuan dan kesatuan.

"Harus diakui, jumlah sumber daya manusia yang ada di Gerakan Pramuka, khususnya para Pembina Pramuka dan Pelatih Pembina Pramuka jumlahnya masih sangat terbatas. Oleh sebab itu, peningkatan jumlah dan kualitas Pembina serta Pelatih Pembina Pramuka harus terus dapat ditingkatkan", ujar Husni Merza.

Diakhir pidato tertulisnya, Ka Kwarnas Gerakan Pramuka Budi Waseso menjelaskan bahwa Kwartir Nasional Gerakan Pramuka juga sedang berupaya untuk memperbaiki Undang-undang Nomor 12 Tahun 2010, tentang Gerakan Pramuka dan membangun sistem aplikasi yang mengarah kepada era digitalisasi agar Gerakan Pramuka tidak tertinggal serta dapat mengikuti perkembangan zaman.

"Tentu harapan kita agar melalui perbaikan Undang-Undang tersebut dan pengembangan teknologi dan informasi akan dapat menjadikan Gerakan Pramuka semakin berdaya guna dan berhasil guna", harap Budi Waseso yang disampaikan oleh Wabup Husni Merza.

Pada Upacara yang dilaksanakan di Bumi Perkemahan Tengku Buang Asmara ini, Wakil Bupati Siak Husni Merza menyerahkan penghargaan kepada Kwartir Ranting Tergiat tingkat Kwartir Cabang 09 Gerakan Pramuka Siak tahun 2023, peringkat pertama Kwartir Ranting Tualang, peringkat Kedua Kwartir Ranting Bungaraya, peringkat Ketiga Kwartir Ranting Siak.

Kemudian juga dilaksanakan penyematan Lencana Pancawarsa I, Pancawarsa II, Pancawarsa IV, Pancawarsa V dan Pancawarsa VI. Serta penghargaan terhadap Gugus Depan (Gudep) Tergiat tingkat Kwartir Cabang 09 Gerakan Pramuka Siak tahun 2023.

Upacara tersebut juga dihadiri oleh Ka Kwarcab 09 Gerakan Pramuka Siak Jamaluddin, unsur Forkopimda Kabupaten Siak, serta tamu undangan lainnya. (Adv Siak/Donni)



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar