Di Masa Pandemi Covid-19, Pemkab Siak Akan Bangun 70 Hektar Areal Persawahan di Sabah Auh


Nusaperdana.com, Siak - Dalam Masa Wabah Covid-19 yang saat sudah mulai berkurang penularannya di kabupaten Siak, dan dampak pada perekonomian di Siak melalui dinas PU TARUKIM SIAK, wacanakan pembukaan lahan persawahan baru seluas 70 Hektar di Kampung Selat Guntung Kecamatan Sabak Auh. (8/6/2020).

Pemkab Siak akan terus meningkatkan perekonomian di bidang tanaman pangan, dan tengah mempersiapkan lanjutan pembangunan fasilitas seperti tanggul dan saluran air yang rencananya dibangun dalam tahun ini, supaya lahan dapat digunakan untuk menanam padi oleh masyarakat.

“Lokasi yang sedang ditinjau ini merupakan potensi untuk lahan persawahan nantinya ada sekitar 70 hektare.” Kata Alfedri

Beliau Menambahkan “Dari 70 hektare lahan itu, baru sekitar 30 hektare yang ditanami padi oleh masyarakat yang tergabung dalam kelompok tani Tunas Muda di kampung itu. Sebab kendala utama di lokasi itu adalah debet air yang belum dapat teratasi.” Ujur Alfedri.

“ Dan jika terjadi hujan yang cukup lama, lahan tersebut menjadi banjir, terlebih lagi area persawahan yang dekat dengan Sungai Siak, jika air sungai pasang (meluap), air sungai masuk ke lahan dan debet air semakin tinggi. Jadi lahan ini belum optimal digunakan.” Tambahnya lagi.

"Jadi lahan ini belum optimal digunakan. Makanya akan dibangun tanggul dan pintu-pintu air dibeberapa titik untuk mengontrol air dan pembuangannya. Memang belum siap, tapi tahun ini mudah-mudahan rampung secepatnya," Kata Alfedri.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang dan Permukiman (PU Tarukim) Siak, Irving Kahar Arifin mengatakan pemerintah sudah membangun tanggul untuk menahan air dari Sungai Siak masuk ke area persawahan, bahkan sudah dibuat saluran air sebagai pembuangan jika debet air meningkat.

"Tahun 2019 sudah dibangun tanggul penutup dan pintu air melalui dana alokasi kusus atau DAK. Ke depan akan dibangun sistem pengairan yang lebih lengkap, dibuatkan "long storage" atau tampungan air yang panjang untuk persawahan agar lebih efektif," Terang Irving. (Doni)



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar