Ini Dia Situs Pra Kerja Tandingan, Pelatihannya Gratis Lho

Sumber Foto: Detik.com

Nusaperdana.com, Jakarta - Situs prakerja.go.id besutan pemerintah kini punya tandingan yakni prakerja.org. Situs alternatif ini dibangun sebagai salah satu bentuk kritik terhadap pemerintah untuk program Pra Kerja.

Inisiator prakerja.org Andri W Kusuma mengungkapkan situs tandingan tersebut dibuat karena pemerintah dinilai boros dalam menggunakan uang negara.

Padahal untuk pelatihan yang ada di prakerja.go.id bisa didapatkan secara gratis. "Jadi ini bentuk nyinyir kita kepada program pemerintah ya. Sebenarnya bisa gratis," kata Andri saat dihubungi detikcom, Selasa (19/5/2020).

Dia mengungkapkan, saat ini orang-orang yang dirumahkan atau di-PHK justru lebih membutuhkan bantuan langsung bukan dalam bentuk pelatihan berbayar

"Masa orang lagi susah dan butuhnya makan diminta ambil pelatihan. Uangnya dari pemerintah dan ikut pelatihan diambil lagi berarti sama pemerintah. Ini sepertinya kurang manusiawi," ujarnya.

Menurut Andri sebenarnya program yang dibuat pemerintahan Presiden Jokowi ini sangat baik untuk mengatasi isu PHK dan penyerapan tenaga kerja.

Sebelumnya situs tandingan prakerja.go.id yakni prakerja.org. Mengutip laman resmi disebutkan pelatihan-pelatihan yang diberikan tanpa biaya alias gratis.

Kemudian kualitas pelatihan bersaing dengan pelatihan berbayar. Selanjutnya prakerja.org membuka semua pihak berkontribusi memberikan pelatihan gratis.

"Prakerja.org adalah bentuk kritik terhadap pemerintah terhadap program Kartu praKerja. Lihat manifesto lengkap kami. Anda bisa bergabung dalam aksi nyata dengan menghubungi kami di [email protected]," tulis pengumuman tersebut.

Disebutkan pula seluruh informasi yang ada di prakerja.org bersifat pendidikan dan bukan untuk keperluan komersial.

Dari laman resmi disebutkan pelatihan-pelatihan yang diberikan tanpa biaya alias gratis. Kemudian kualitas pelatihan bersaing dengan pelatihan berbayar. Selanjutnya prakerja.org membuka semua pihak berkontribusi memberikan pelatihan gratis.

"Prakerja.org adalah bentuk kritik terhadap pemerintah terhadap program Kartu praKerja. Lihat manifesto lengkap kami. Anda bisa bergabung dalam aksi nyata dengan menghubungi kami di [email protected]," tulis pengumuman tersebut.



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar