Kapolres Rohul Pimpin Pengamanan Unjuk Rasa di PT Ekadura Indonesia

Kapolres Rohul Pimpin Pengamanan Unjuk Rasa di PT Ekadura Indonesia

Nusaperdana.com, Rohul - Kapolres Rokan Hulu (Rohul)  AKBP Pangucap Priyo Soegito SIK MH memimpin pengamanan aksi unjuk rasa  Kelompok Alm H Tengku Siddik Bin Tengku Sultan Momad dan Keluarga ke PT Ekadura Indonesia   Kecamatan Kunto Darussalam  atas  Klaim Lahan seluas 1.500 hektar di  Areal HGU PT Ekadura Indonesia, Senin (7/11/2022) sekitar pukul 09.30 Wib.

Dalam unjuk rasa tersebut, Penanggungjawab dalam aksi tersebut  H Harton  SH dengan Korlap H Chandra Gusnala SH dengan jumlah massa sekitar 150 orang.  Sebagai Orator pada aksi tersebut  H Chandra Gusnala, Ajai Saksena  dan Hj Hartati

Adapun tuntutan dari kelompok H Tengku Siddik Bin TS Momad dan Keluarga pada saat aksi unjuk rasa tersebut yakni

1. Ahli Waris Kelompok HT Siddik  Bin T Sultan Momad mengklim lahan seluas 1.500 Hektar, sebab belum pernah diganti rugi  pihak PT Ekadura Indonesia.

2. Pihak Keluarga Ahli Waris Kelompok HT Siddik  Bin T Sultan Momad menghentikan seluruh aktivitas di lahan seluas 1.500 hektar sampai ada keputusan tentang penyelesaian sengketa lahan tersebut oleh pihak PT.Ekadura Indonesia.

3. Bila tidak ada keputusan atas sengketa lahan tersebut, pihak PT Ekadura Indonesia dilarang beraktivitas apapun di atas lahan seluas 1.500 hektar.

Terpantau dalam aksi tersebut, menghubungkan alat peraga yang digunakan dalam aksi unjuk rasa damai tersebut, berupa Satu Unit Sound Sistem (Pengeras Suara), Satu Unit Mobil Komando Merk Suzuki Colt T Pick Up warna Putih No Pol BM 9726 MI

Kemudian Spanduk yang bertuliskan
"Lahan kami belum ada ganti rugi, hari ini kami ambil" "Stop pencitraan, Selesaikan masalah wahai PT Ekadura Indonesia",
PT Ekadura Indonesia perampas tanah Masyarakat" PT Ekadura Indonesia pencetak kemiskinan bagi pemilik lahan"
"Stop menguasai lahan kelompok kami" "PT Ekadura Indonesia, Untuk kelompok HT Siddik  buntung akibat perampasan"

Sedangkan, rangkaian kegiatan pada aksi unjuk rasa yang dilaksanakan kelompok Alm H Tengku Siddik Bin Tengku Sultan Momad dan Keluarga ke PT Ekadura Indonesia.

Sekitar  pukul 08.30 Wib, massa mulai berkumpul di Rumah  T Zainul  Ramli Kelurahan Kota Lama Kecamatan Kunto Darussalam (Titik Kumpul).

Selanjutnya, sekitar pukul 08.50 Wib, massa mulai bergerak menuju titik kumpul kedua yaitu di Sp Kubu Padang Kelurahan Kota Lama Kecamatan Kunto Darussalam.

Kemudian sekitar pukul 09.30 Wib massa bergerak menuju  PT Ekadura Indonesia dengan menggunakan kendaraan SPM R2 dan KBM R4 serta 1 Unit Mobil Suzuki Colt T Pick Up warna putih No Pol BM 9726 MI sebagai mobil Komando yang juga berisi Satu Unit Sound Sistem (Pengeras Suara).

Seterusnya sekitar pukul 09.45 Wib massa, tiba di Depan Pintu masuk PMKS PT.Ekadura Indonesia dan melakukan orasi - orasi menyampaikan tuntutannya kepada pihak manajemen PT Ekadura Indonesia.

Pada kesempatan tersebut, orator massa menyampaikan agar dipertemukan dengan pihak Management perusahaan yang bisa mengambil keputusan.

Setelah itu, sekitar pukul 10.05 Wib, kelompok massa mencoba masuk kedalam PMKS PT Ekadura Indonesia dengan cara mendorong barisan Personil pengamanan dari Polsek dan Polres Rohul.

Kemudian, mendorong pagar pintu masuk, sehingga pagar pintu masuk PMKS PT Ekadura Indonesia tumbang.

Kemudian, Kapolsek Kunto Darussalam AKP Pandri, SH memberikan himbauan kepada kelompok massa, agar menyampaikan aspirasinya dengan aman dan tertib.

Kemudian, sekitar pukul 10.45 Wib, Kapolsek Kunto Darussalam, Kasat Binmas Polres Rohul AKP Hermawan dan KBO Sat Intelkam Polres Rohul Ipda Totok Nurdianto melakukan negosiasi dengan Penanggungjawab Aksi H Harton dan  T Zainul  Ramli.

Hasil negosiasi tersebut, dilaksanakan pertemuan antara perwakilan Kelompok Alm  HT Siddik  Bin T Sultan Momad  dengan Manajemen PT Ekadura Indonesia yang akan dipimpin  Kapolres Rohul AKBP Pangucap Priyo Soegito SIK MH

Selanjutnya, sekitar pukul 12.15 Wib Kapolres AKBP Pangucap Priyo Soegito SIK MH  tiba di PMKS PT Ekadura Indonesia dan melakukan pertemuan dengan Lima Perwakilan Kelompok Alm  HT Siddik  Bin T Sultan Momad   di Ruangan Kantor PMKS PT Ekadura Indonesia.

Sementara, Perwakilan yang ikut dalam pertemuan tersebut  H Harton  SH (Ketua), H Chsndra Gusnala  SH, T Zainul Ramli, H Ghadim dan Abdul Roni Hasdar.

Selanjutnya, sekitar pukul 13.40 Wib dilakukan pertemuan dengan menghadirkan ADM PT  Ekadura Indonesia Dwi Setiyo Budiawan, Manager PMKS PT Ekadura Indonesia  Ali  Akbar dan Lima Perwakilan Kelompok Alm  HT Siddik  Bin T Sultan Momad  yang difasilitasi  Kapolres  Rohul

Hasil dalam pertemuan tersebut akan dilaksanakan pertemuan lanjutan dengan menghadirkan CDAM dan Legal PT Ekadura Indonesia di Pekanbaru pada  Rabu 16 November 2022 mendatang.

Disampaikan Kapolres Rohul AKBP Pangucap Priyo Soegito SIK MH melalui Kasubsi Si Humas Aipda Mardiono Pasda SH, kegiatan, pertemuan selesai sekitar pukul 14.25 Wib,  selama kegiatan berlangsung situasi terdapat dalam keadaan aman dan terkendali.

"Selanjutnya, sekitar pukul 14.35 Wib, setelah selesai kegiatan pertemuan, kemudian perwakilan Kelompok Alm H Tengku Siddik Bin Tengku Sultan Momad yang ikut dalam pertemuan bersama dengan ADM PT Ekadura Indonesia di dampingi pihak Keamanan membacakan hasil pertemuan (Notulen Pertemuan) kepada massa yang menungggu di pintu masuk PMKS PT Ekadura Indonesia," terang Mardiono.

Lanjutnya, atas hasil pertemuan yang dibacakan tersebut massa menerima dan selanjutnya massa membubarkan diri dengan tertib dan kembali ke rumah masing-masing.

"Seluruh rangkaian kegiatan aksi unjuk rasa berakhir sekitar pukul 15.05 Wib dan situasi terdapat dalam keadaan aman dan terkendali," pungkasnya

" Untuk menjaga jalannya aksi unjuk rasa agar berjalan dengan aman, tertib dan kondusif Polres Rohul menurunkan Personil pengamanan terbuka dan pengamanan tertutup sebanyak 119  Personil," tutup Mardiono mengakhiri.



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar