Festival Bakaroh, Tradisi Menangkap Ikan Dengan Alamat Tangkap Tradisional di Desa Sungai Intan

Festival Bakaroh, Tradisi Menangkap Ikan Dengan Alamat Tangkap Tradisional di Desa Sungai Intan

Nusaperdana.com, Indragiri Hilir - Di desa Sungai Intan, Kecamatan Tembilahan Hulu, Kabupaten Indragiri Hilir terdapat tradisi unik, yang dijadikan festival pariwista tahunan, yakni festival Bakaroh.

Festival Bakaroh, sebuah tradisi masyarakat yang turun temurun dilakukan untuk lebih mentradisikan menangkap hasil sungai menggunakan peralatan tradisional tanpa merusak ekosistem.

Filosofi festival ini untuk memupuk jiwa bergotong royong antar peserta dalam menangkap ikan, serta mengajak masyakarat untuk tidak menggunakan bahan berbahaya untuk menangkap ikan.

“Kita berharap iven budaya Desa Seperti Festival bekaroh ini semakin meningkatkan kesadaran mensyarat untuk selalu menjaga keseimbangan ekosistem alam. Kita berharap juga acara ini dapat berjalan sukses dan lancar untuk lebih mensukseskan iven budaya Festival bekaroh Desa Sungai intan ini,” jelas masyarakat tempatan.

Dalam festival tersebut, masyarakat secara beramai-ramai dengan menggunakan peralatan tradisional seperti tangguk (alat menangkap ikan dan udang berupa jaring) berusaha mendapatkan hasil tangkapan sebanyak-banyaknya.

"Kegiatan ini juga mengajarkan kearifan lokal bagi masyarakat untuk melakukan penangkapan ikan secara tradisional tanpa menggunakan alat-alat atau bahan yang dapat merusak ekosistem," sebutnya.(Advertorial/Disparporabud Inhil)



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar