Pendidikan Sebagai Trigger Ketenagakerjaan Dalam Hal Human Capital Development Plan

Kabid LAMR Kecamatan Mandau Andra Sastra SH

Nusaperdana.com,Mandau - Pendidikan sejatinya sebuah proses dimana media aktualisasi potensi dan pengumpulan pengalaman melalui mekanismenya agar mendapatkan pengakuan dari manusia lain yang berpengaruh pada kehidupannya.

Hal tersebut diungkapkan Kabid LAMR Kecamatan Mandau Andra Sastra, Jum'at (24/12) siang, Menuturkan pendidikan jika  lihat secara garis besar terbagi dua yaitu Formal dan Non Formal

Yang mana dikatakan Andra Sastra, Pendidikan formal merupakan jalur pendidikan yang memiliki jenjang, mulai dari jenjang sekolah dasar, menengah, sampai perguruan tinggi. 

Sementara itu,Pendidikan Non Formal merupakan jalur pendidikan yang diselenggarakan di luar lingkungan pendidikan formal dengan sistem pelaksanaan secara berjenjang dan terstruktur.

"Kontribusi pendidikan terhadap ekonomi dan pembangunan harus diakui. Dengan demikian, tidak selamanya pendidikan dianggap sebagai konsumsi atau pembiayaan, sudah saatnya, pendidikan harus dipandang sebagai investasi, yang secara jangka panjang kontribusinya dapat dirasakan," jelasnya. 

Lebih lanjut Ia menjelaskan, manusia sebagai human capital tercermin dalam bentuk pengetahuan, gagasan (ide-red), kreativitas,keterampilan, dan produktivitas kerja.

Kabupaten Bengkalis sebagai Daerah Industri baik Migas dan Non Migas sudah saatnya berfokus pada Human Capital Development.

Jadi menurut Andra Sastra, jika melihat Non Migas ada potensi lainnya yakni CPO yang menurut Data BPS Bengkalis dalam angka tahun 2020 luas perkebunan sawit berkisar sekitar 134 ribu hektar data dari Dinas Perkebunan Kabupaten Bengkalis. Berbicara hasil sekitar 285,093 Ton / 2014, jika dikaitkan dengan Produksi perkebunan menurut Kecamatan dan jenis tanaman maka Kelapa Sawit sekitar 80 persen dari tanaman lainnya.

"Sudah saatnya Human Capital Development Plan menjadi agenda prioritas utama Pemerintah Kabupaten Bengkalis baik untuk Migas maupun Non Migas," terang Andra Sastra.(Putra



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar