Danau Purba Kalimantan dan Ubur-ubur Langka Dunia

Danau Kakaban. Sumber Foto: Detik.com

Nusaperdana.com, Derawan - Kalimantan punya sebuah danau purba yang sangat indah di Pulau Kakaban. Di dalamnya bukan cuma ikan tapi ubur-ubur langka.

Mari mengenal Kalimantan yang jadi rumah dari hewan-hewan langka dunia. Selain di dalam hutan, perairan Kalimantan juga punya hal menarik untuk diulik.

Liburan ke Kepulauan Derawan kurang lengkap kalau belum berkunjung ke Pulau Kakaban. Ya, pulau yang berjarak sekitar 20 menit dengan kapal dari Derawan ini begitu spesial.

Kakaban adalah pulau yang tak berpenghuni. Di sana sebagian besar adalah mangrove dan sebuah danau di tengah pulau.

Danau dengan ubur-ubur tak menyengat

Danau Kakaban mungkin tampak sama saja seperti yang lainnya. Namun waktu terjadinya yang membuat berbeda. Danau Kakaban masuk dalam danau purba.

Menurut Dr Anugerah Nontji dari Pusat Penelitian Oseanografi LIPI, Danau Kakaban terjadi akibat pengangkatan atol atau terumbu karang cincin setinggi40-60 meter. 

Kemunculan atol memicu terbentuknya sebuah laguna atau danau. Proses ini diperkiran terjadi pada 1-2 juta tahun lalu.

Air laut yang terperangkap di laguna ini tak bisa keluar dan bercampur dengan air hujan. Inilah alasan mengapa Danau Kakaban memiliki air payau.

Tak cuma air laut yang terperangkap, ubur-ubur di area tersebut pun tak bisa kembali ke laut. Seiring berjalannya waktu, ubur-ubur pun berevolusi dan bisa hidup di perairan payau.

Ubur-ubur di Danau Kakaban

Berlimpahnya makanan membuat ubur-ubur menjadi raja dari rantai makanan. Karena tak ada predator, hewan kenyal ini tumbuh berlimpah di Danau Kakaban. 

Hal ini berpengaruh dalam evolusi sengat yang dimilikinya. Kelenjar sengat ubur-ubur mengalami reduksi dan tak digunakan lagi sebagai perlindungan diri maupun berburu mangsa.

Ubur-ubur tanpa sengat, begitulah sebutannya di masa kini. Hewan kenyal ini sudah dinyatakan sebagai satwa langka dan diakui dunia.

Ubur-ubur di Danau Kakaban

Ada 4 jenis ubur-ubur yang mendiami danau ini, yaitu ubur-ubur bulan (Aurelia aurita), ubur-ubur totol (Mastigias papua), ubur-ubur kotak (Tripedalia cystophora), dan ubur-ubur terbalik (Cassiopea ornata).

Danau Kakaban kini menjadi kawasan konservasi daerah dan destinasi populer Kalimantan Timur. Selain danau, Kakaban juga punya laguna cantik bernama Kehe Daing. 

Kamu sudah pernah ke sini belum?

Kehe Daing di Pulau Kakaban



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar