Advertorial

Hutan Magrove di Inhil Spot Terbaik Bagi Kamu yang Hobinya Memancing


Nusaperdana.com - Sebagai daerah dengan hasil komoditi perkebunan kelapa terluas, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) juga memiliki hasil perikanan yang melimpah dengan ekosistem magrove yang luarbiasa di Indonesia.

Ekositem magrove yang dimilki Kabupaten Indragiri Hilir menjadi surganya bagi kamu yang memiliki hobi memancing. Sungai yang masih asri jauh dari kerusakan lingkungan menjadikan hutan Magrove Inhil tempat hidupnya berbagai biota laut, seperti udang dan ikan. 

Ekosistem mangrove yang ada di Kabupaten Indragiri Hilir merupakan aset penting bagi keberlangsungan kehidupan masyarakat baik yang berada di dalam kawasan maupun diluar ekosistemnya. Memiliki luas sekitar 127.000 hektar, Kabupaten Indragiri Hilir pemilik Ekosistem Terluas di Provinsi Riau.

Dari Potensi luasan yang ada juga terkandung potensi hutan bakau bagi masyarakat baik dari sisi hasil perikanan, hasil hutan kayu, hasil hutan bukan kayu ( HHBK ) maupun hasil dari pemanfaatan jas lingkungannya.

Sebagaimana diketahui pemanfaatan terbesar dari keberadaan ekosistem ini adalah dari sektor perikanan dan hasil hutan kayu.

Selain pemanfaatan langsung, kehadiran ekosistem ini juga memberikan dampak baik bagi perlindungan wilayah pesisir dari gelombang, intrusi air asin, dan abrasi sebagai benteng alam terdepan bagi kebun–kebun khususnya perkebunan kelapa masyarakat.

Peran aktif masyarakat yang juga diharapkan menjadi kunci di tingkat tapak dalam pengelolaan ekosistem mangrove ini, dimana desa sebagai unit terkecil dalam tata pemerintahan yang memiliki kewenangan untuk merencanakan pembangunan dan pengelolaan wilayahnya berdasarkan karakter geografis masing–masing desa dan potensi yang ada.

Pemerintahan kabupaten Indragiri Hilir dapat menjadikan potensi ini sebagai sektor andalan
dalam arahan kebijakan yang akan mendorong peningkatan dari banyak aspek kehidupan baik itu ekonomi, social dan juga lingkungan. Disamping itu kegiatan pengelolaan mangrove ini dapat menjadi sesuatu yang ikut mendorong pemulihan ekonomi di masa pandemic Covid 19.(Advertorial)



[Ikuti Nusaperdana.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar